Bagaimana Cara Memilih Pemindai Kode Batang?

Pemindai barcode adalah perangkat pemancar cahaya yang digunakan untuk membaca barcode. Biasanya dilampirkan ke komputer atau laptop melalui PS2 atau RS-232, data yang dikumpulkan disimpan di komputer untuk diproses atau disimpan. Sekarang digunakan di banyak industri yang berbeda seperti ritel atau produksi. Kunjungi juga blog kami britatekno.com yang membehas berbagai informasi terupdate mengenai teknologi,game dan masih berita – berita menarik lainnya.

Bagaimana Cara Memilih Pemindai Kode Batang?

Mereka telah di pasaran selama bertahun-tahun sekarang dengan versi baru dari pemindai barcode tersedia setiap tahun. Harganya bisa bervariasi mulai dari $ 50,00 hingga setinggi beberapa ribu dolar. Jadi bagaimana Anda memilih pemindai barcode yang baik?

Untuk menjawab pertanyaan itu, penting Anda tahu ada 2 kelas utama pemindai barcode, berbasis gambar dan berbasis laser. Pemindai kode batang berbasis gambar menggunakan kamera yang biasanya tertanam dalam pemindai kode batang. Kamera akan menangkap gambar dan kemudian diproses dengan teknik gambar yang rumit untuk memecahkan kode barcode. Pemindai barcode berbasis laser menggunakan cermin dan lensa untuk membaca barcode.

Pemindai barcode laser biasanya lebih mahal daripada pemindai berbasis gambar. Mereka memiliki pro dan kontra sendiri. Pemindai kode batang berbasis gambar tidak memiliki bagian internal yang dapat bergerak sehingga lebih tahan terhadap tetes atau benturan daripada pemindai kode batang laser. Juga, pemindai barcode berbasis gambar memiliki jarak pemindaian yang lebih pendek (4 hingga 10 inci) dibandingkan dengan pemindai barcode laser. Di sisi lain, pemindai laser lebih rentan terhadap keausan karena lensa mereka. Mereka tidak hanya memiliki jarak pemindaian yang lebih panjang (hingga 24 inci) tetapi juga dapat memindai dari sudut yang lebih luas dari barcode.

Sadarilah bahwa jarak pemindaian untuk pemindai barcode berbasis gambar dan laser telah meningkat secara dramatis selama bertahun-tahun dan saya tidak akan terkejut jika pembuat barcode mengklaim pemindai berbasis gambar memiliki jarak pemindaian 24 inci.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang perlu Anda tanyakan pada diri sendiri sebelum mendapatkan pemindai barcode. Ukuran pemindai yang dibutuhkan? Jenis lingkungan yang akan digunakan oleh pemindai kode batang (di luar ruangan, toko, gudang)? Diperlukan jarak pemindaian? Apakah mereka akan digunakan tangan bebas atau genggam? Anggaran Mu?

Jadi saran saya adalah jika Anda membutuhkan pemindai barcode untuk pemindaian jarak jauh, dapatkan pemindai barcode laser. Untuk pemindaian jarak pendek, gunakan pemindai kode batang berbasis gambar seperti pemindai kode batang CCD. Lingkungan seperti yang saya minta sebelumnya juga memainkan peran penting. Jika pemindai kode batang sedang digunakan di luar ruangan atau di lingkungan yang kasar di mana ia diharapkan untuk menjatuhkan atau mengetuk atau dua, maka yang terbaik untuk mendapatkan pemindai kode batang berbasis gambar. Jika misalnya digunakan di toko ritel, maka pemindai barcode laser akan menjadi pilihan terbaik.

Ada berbagai macam pemindai barcode yang tersedia yang saya tidak bisa jelaskan sepenuhnya dalam artikel ini. Jika Anda ragu, konsultasikan dengan produsen barcode seperti simbol atau metrologi yang memiliki konsultan penjualan yang dapat melakukan analisis jenis pemindai barcode yang dibutuhkan oleh bisnis Anda.

Leave a Reply